Rabu, 06 Juni 2012

Mela

Seperti halnya yang dilakukan oleh Roopa (Twinkle Khanna) dalam film aksi laga Bollywood hasil besutan sutradara Dharmesh Darshan di tahun 2000 yang berjudul "Mela". Kisahnya bermula di sebuah desa yang bernama Chandanpur sedang bersiap-siap menyambut Mela, sebuah perayaan pesta rakyat India. Kali ini perayaan Mela terasa istimewa karena seorang menteri pemerintahan (Kulbushan Kharbanda) berkenan menghadiri dan membuka perayaan tersebut di Desa Chandanpur. Semua penduduk desa itu bersuka cita akan kehadiran sang menteri termasuk gadis cantik yakni Roopa dan kakak lelakinya (Ayub Khan), seorang anggota militer.
Sayangnya suka cita penduduk Chandanpur harus berakhir dengan tragis karena seaorang bos kelompok penjahat, Gujjar Singh (Tinnu Verma) dan para anak buahnya menggunakan saat perayaan Mela untuk melakukan pembunuhan kepada sang menteri. Ketika kakak Roopa memprotes pembunuhan menteri tersebut, senjata para penjahat pun menyalak. Kakak Roopa pun rubuh ke tanah dalam keadaa tewas. Tidak ketinggalan tewas beberapa penduduk yang berani melawan mereka. Gujjar Singh ternyata tertarik dengan kecantikan Roopa sehingga iapun menculiknya untuk dibawa ke markasnya. Untunglah pada kesempatan baik, gadis tersebut berhasil melarikan diri dari cengkeraman para penjahat itu.
Walaupun berhasil kabur, Roopa sangat terpukul hebat perasaannya karena kehilangan kakak lelakinya yang dicintainya dan juga para penduduk yang dikenalnya sejak kecil. Tidak heran jika dendam pun membara dalam hati Roopa terhadap Gujjar dan anak buahnya. Namun apa daya ia hanya sendiri sehingga sukar untuk membalas dendamnya. Tetapi rupanya nasib baik masih menghampirinya karena di tengah perjalanannya, Roopa bertemu dengan sepasang kawan karib yaitu Shankar (Faisal Khan) dan Kishen (Aamir Khan). Shankar adalah pemilik dan pengemudi truk sewaan, sedangkan Kishen membantunya.
Tidak seperti Shankar yang merupakan orang praktis dalam hidupnya, Kishen adalah seorang pemimpi yang berangan-angan kelak menjadi aktor terkenal. Bahkan dalam perjalanan truk mereka dari daerah ke daerah, Kishen tidak jarang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan panggung aktor keliling. Begitu bertemu, Roopa segera menyadari kedua pria muda dapat dimanfaatkan olehnya untuk membunuh Gujjar yang sangat dibencinya. Begitu tahu sifat Kishen yang perasa, Roopa segera berpura-pura jatuh cinta kepada pria tersebut agar jalan pembalasan dendam dapat berjalan mulus. Tetapi Shankar yang lebih berpengalaman merasa curiga motif Roopa dalam mendekati sahabatnya. Lantaran peringatan Shankar tidak diterima Kishen sehingga timbul pertengkaran antara kedua sahabat karib ini.
Aamir Khan
Aktor yang dilahirkan pada tanggal 14 Maret 1965 di India dengan nama Aamir Hussain Khan dari ayah, Tahir dan ibu, Zeena Hussain ini pertama kali muncul sebagai aktor cilik yang membintangi film populer "Yaadon Ki Baaraat" (1973). Namun kemudian ia berhenti dari dunia film karena ingin berkarier di bidang olahraga tenis. Bahkan Aamir berhasil menjadi juara nasional tenis di negara bagian Maharashtra. Toh, ia kembali lagi ke dunia film dengan membintangi film yang meledak di pasaran, "Qayamat Se Qayamat Tak (1988).
Performa aktingnya yang memukau ditampilkan dalam film-filmnya diantaranya "Dili" (1990), "Dil Hai Ke Manta Nahin" (1990), "Jo Jeeta Wohi Sikander" (1992), "Hum Hain Rahi Pyar Ke" (1993), "Rangeela" (1995), "Raja Hindustani" (1996), "Ishq" (1997), dan "Ghulam" (1998) dan "Starfosh" (1999). Akting Aamir dalam film "Earth" (1998) sebagai Ice Candy Man memperoleh pujian dari kritikus India maupun internasional. Apalagi jika diketahui bahwa tidak banyak aktor India yang berhasil mendapat pujian dari kalangan perfilman internasional seperti halnya Aamir.
Walau jumlah film yang dibintanginya tidak banyak dibandingkan aktor India lainnya, Aamir Khan justru diakui sebagai aktor India yang paling komplit dalam hal perannya. Tidak hanya itu film yang diproduseri dan juga dibintanginya, yakni film "Laagan: Once Upon a Time in India" (2001) berhasil mendapatkan nominasi penghargaan kategori Best Foreign Film dari acara penghargaan yang paling bergengsi di dunia, yakni "Academy Awards" (Oscar). Tidak heran jika Aamir pun dilirik oleh para produser untuk membintangi film Hollywood. Kita tunggu saja kehadiran Aamir dalam film Holywood.
Apa yang terjadi ketika Kishen akhirnya mengetahui bahwa Roopa sebenarnya menipu dirinya ? Akankah Roopa berhasil membalas dendamnya kepada penjahat Gujjar Singh itu ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar